BLT DANA DESA UNTUK WARGA YANG TERDAMPAK COVID-19


 2020-05-22 |  Root

Camat Wilangan Yonny Rachmanto,SH menyatakan kriteria penerima bantuan langsung tunai (BLT) dana desa tidak menggunakan 14 kriteria program keluarga harapan (PKH).

Yonny  menjelaskan, ukuran utama yang digunakan adalah penerima belum mendapatkan bantuan sosial (bansos) seperti PKH dan telah kehilangan penghasilan akibat dari Covid-19.

"Kita tidak menggunakan 14 kriteria PKH, kriteria miskin di sini adalah ukuran kehilangan mata pencarian. Itu utama," kata Yonny. Yonny menerangkan, data penerima manfaat akan dicocokkan melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jika terdaftar dan belum mendapatkan bansos, maka dapat menerima BLT dana desa.

"Misal, dia kuli bangunan dan tidak punya penghasilan karena pandemi, buruh pabrik yang di PHK, dan lainnya. Itu semua mata pencahariannya hilang, maka dia punya hak untuk dapat BLT dana desa," ujarnya.

Dia pun menjelaskan ukuran keluarga miskin nantinya akan ditentukan oleh tiga orang untuk mempermudah proses identifikasi. Di samping itu, tidak semua desa pasti mendapatkan BLT dana desa.

Sementara, hingga saat ini sebanyak 4 desa dari 6 desa di seluruh Kecamatan telah mencairkan BLT dana desa. Adapun total KK yang menerima BLT Dana Desa se-Kecamatan Wilangan adalah 458 KK.