MUSRENBANGDES KHUSUS PERUBAHAN RKPDES DAN APBDES TAHUN ANGGARAN 2020


 2020-04-30 |  Root

Rubah anggaran untuk penanganan Covid-19 ,Kecamatan Wilangan instruksikan Pemerintah Desa adakan Musrenbangdessus Perubahan RKPDes dan APBDes serentak. Musrenbangdes dilaksanakan 2 hari ,yaitu tanggal 29 dan 30 April 2020. kegiatan Musdes terbagi menjadi 2 sesi ,yakni siang dan malam.

Pelaksanaan Musyawarah Desa Khusus ini menindaklanjuti instruksi Bupati tentang penggunaan Dana Desa untuk penanganan Covid-19. Dimana anggaran salah satunya digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga terdampak Covid-19. Peraturannya desa yang memiliki DD kurang dari 800juta alokasi BLT-DD sebesar 25% ,desa yang DD nya antara 800juta-1,2 Milyar sebesar 30% ,serta desa dengan DD lebih dari 1,2 M sebesar 35%.

Camat Wilangan Yonny Rachmanto mengatakan bahwa penyaluran BLT Dana Desa harus transparan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Setiap warga yang terdampak tidak boleh menerima bantuan lebih dari satu program bansos. Misalnya warga yang sudah mendapatkan bantuan program PKH ,maka tidak bisa mendapatkan bansos BLT DD.