ANTISIPASI DAMPAK PANDEMI COVID-19, BUPATI NGANJUK SIAPKAN JARING PENGAMAN SOSIAL


 2020-04-17 |  Root

Mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 di Wilayah Kabupaten Nganjuki, Bupati Nganjuk instruksikan camat mendata penduduk yang terdampak secara sosial ekonomi. Instruksi tertuang dalam surat Sekretariat Daerah Nomor : 460/978/411.304/2020 pada tanggal 9 April 2020 yang ditandatangani oleh Plt.Sekda Kab.Nganjuk, Nur Solekan.

Pandemi Covid-19 di kabupaten Nganjuk selain berdampak pada kesehatan dan keselamatan warga, juga berdampak pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Terutama masyarakat dari kalangan kelas menengah kebawah. Untuk itu Camat Wilangan, Yonny Rachmanto telah memerintahkan Kepala Desa untuk mendata warganya yang memerlukan bantuan dari pemerintah.

Pemberian bantuan tersebut tentunya juga memiliki kriteria agar tepat sasaran. Diantara nya kriteria warga yang boleh mendapatkan bantuan yaitu ; Warung/penjual makanan di sekolah, penjual asongan, pedagang keliling, korban PHK, tukang becak, ojek konvensional/online, pedagang kaki lima, karyawan dirumahkan, buruh tani dan kuli bangunan.

Adapun syarat lainnya penerima bantuan adalah diluar penerima bantuan PKH, Non PKH (yang ditangani TKSK), BSNT (Bantuan Sembako) dan bantuan sosial lainnya yang bersumber dari APBD. Yonny mengharapkan bantuan agar tepat sasaran, karena saat ini situasi permasalahan saat kompleks disamping permasalahan kesehatan dan keselamatan