SAKIT ATAU SEHAT , WAJIB BERMASKER DILUAR RUMAH


 2020-04-16 |  Root

Meningkatnya pasien positif  (Covid-19) di Indonesia jadi salah satu pemicu meningkatnya permintaan masker. Bahkan sampai-sampai, beberapa apotek juga klinik di sejumlah wilayah di Nganjuk kehabisan stok. Termasuk di wilayah kecamatan Wilangan.

Penggunaan masker direkomendasikan untuk orang yang memiliki  gejala batuk dan pilek, tenaga kesehatan, dan orang yang merawat orang sakit. Namun demikian saat ini pemerintah kabupaten Nganjuk telah menerbitkan peraturan baru tentang kewajiban memakai masker bagi semua warga yang beraktifitas diluar rumah.

Masker yang dianjurkan adalah masker kain. Juru bicara Posko Pencegahan dan Penanganan Covid-19  Kecamatan Wilangan , Hartono ,menjelaskan masker kain dapat digunakan berulang kali asalkan selalu dicuci dengan sabun dan air setiap harinya.Walaupun pada masker kain, ditakutkan tak semua masker kain memiliki proteksi yang sama, setidaknya masyarakat sudah memakai pelindung daripada tidak sama sekali. Walaupun Kecamatan Wilangan masih berada di zona hijau (aman), tetapi kewaspadaan harus tetap diperhatikan.

Dalam pencegahan virus corona, penggunaan masker bukan jadi prioritas. Para ahli dan dokter pun menjelaskan masker sebetulnya dianjurkan untuk orang yang sakit atau yang menangani pasien virus corona. Yang utama direkomendasikan adalah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti cuci tangan dengan air dan sabun juga, menjaga daya tahan tubuh serta jangan keluar rumah jika tidak perlu.