PERTAMA DALAM SEJARAH, MUSRENBANG ONLINE AKIBAT PANDEMI CORONA


 2020-04-09 |  Root

Di tengah wabah Covid19 perencanaan pembangunan daerah harus terus berjalan untuk itu Bupati Nganjuk H.Novi Rahman Hidayat,S.Sos,MM membuka Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) Online RKPD tahun 2021, dilakukan dengan Video Confrence di ruang kerjanya, di Jalan Basuki Rahmat Kabupaten Nganjuk Kamis (9/4/2020).

Musrenbang online dihadiri pula oleh Wabup,Sekda, DPRD ,seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Nganjuk, kepala bappeda provinsi dan bappeda kabupaten Nganjuk selaku host event, Tim pendukung dari dinas Kominfo ,para akademisi dan organisasi kemasyarakatan.

Adapun Tujuan diadakannya Musrenbang adalah menyepakati permasalahan pembangunan Daerah; menyepakati prioritas pembangunan Daerah; menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi; penyelarasan program dan kegiatan pembangunan Daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi; dan klasifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan Daerah kabupaten/kota dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang kecamatan.

 Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Nganjuk Tahun 2021 dengan video conference. Penyelenggaraan Musrenbang RKPD ini merupakan mekanisme perencanaan tahunan dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif dan transparan serta dapat pula dipertanggungjawabkan (akuntabel).

Camat Wilangan Yonny Rachmanto,SH menjadi salah satu peserta Musrenbang online mengatakan“Alhamdulillah ,Musrenbang secara daring bisa kita ikuti dengan lancar , walaupun sebenarnya jika dirasakan kurang interaktif karena peserta tidak bisa bertatap muka secara langsung".