BIMTEK APLIKASI EPDESKEL DAN SIPADES KECAMATAN WILANGAN


 2020-03-10 |  Root

Tingkatkan pengetahuan  perangkat desa dan operator desa , kecamatan Wilangan adakan Bimtek EPDESKEL dan SIPADES. Bimtek dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Wilangan pada hari selasa 10 Maret 2020. Dihadiri oleh Sekretaris Desa dan Operator Desa Se-Kecamatan Wilangan.Dengan narasumber pejabat dari Dinas PMD kabupaten Nganjuk.

Dasar hukum pelaksanaan kegiatan adalah Permendagri RI Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan desa dan Kelurahan , serta Permendagri nomor  01 Tahun 2016 tentang pengelolaan aset desa. Tujuan diadakan nya Bimtek yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para perangkat desa dan operator  yang bekerja di pemerintahan desa dalam hal evaluasi perkembangan desa serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat dan mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat , daya saing desa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Aplikasi SIPADES dikembangkan untuk menertibkan aset sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga meminimalisir resiko hilangnya aset desa, menertibkan penggunaan aset untuk berdaya guna dan berhasil guna bagi pemerintah dan masyarakat desa, mempermudah kepala desa dalam menyampaikan laporan kekayaan milik desa, dan sebagai alat bantu pemerintah desa dalam tata kelola aset yang dimiliki.

Kepala Seksi Tata Pemerintahan , Ketentraman dan Ketertiban Umum, Harry Trimurdiyanto, BA mengatakan '' Perkembangan jaman yang serba memakai IT dan internet harus bisa kita ikuti, khususnya bagi pemerintah desa, apalagi menyangkut akuntabilitas transparansi. Semoga dengan adanya bimtek ini para pejabat desa yang berkepentingan bisa lebih paham tentang EPDESKEL dan SIPADES''.