SENSUS PENDUDUK ONLINE 2020, LEBIH CEPAT LEBIH EFISIEN


 2020-02-25 |  Root

Badan Pusat Statistik (BPS) Nganjuk akan menyelenggarakan Sensus Penduduk yang ketujuh pada 2020. Sensus yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali itu bakal berbeda dengan pelaksanaan sensus pada tahun-tahun sebelumnya. Kali ini BPS menggunakan combine method (metode kombinasi) yang menggabungkan pendataan mandiri secara online pada tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020 dan pendataan dari petugas yang mendatangi rumah warga (door to door).

Pada tanggal 21 Februari 2020 bertempat di Hotel Nirwana ,Kecamatan Wilangan mendapatkan giliran sosialisasi dan pelatihan pengisian Sensus Penduduk Online (SPO) oleh BPS Kab. Nganjuk. Dihadiri Camat Wilangan, Yonny Rachmanto, SH beserta Forpimcam serta kepala desa seluruh kecamatan Wilangan.

Tahun 2020 ini Indonesia akan melakukan Sensus Penduduk yang ke-7. Indonesia tidak akan sendiri, ada 54 negara lain yang juga melakukan sensus penduduk pada 2020. Sensus penduduk terakhir kali dilakukan pada 2010. Apa tujuan utama dari sensus penduduk ini? Yang pertama untuk mendapatkan data mengenai jumlah penduduk, penyebarannya, menurut provinsi, kabupaten, sampai dengan desa, karakteristiknya.

Yang kedua, untuk mendapatkan keterangan yang berkaitan dengan parameter demografi yang akan digunakan untuk membuat proyeksi penduduk. Kemudian, jika mengacu kepada guidance dari PBB, sensus boleh dilakukan dengan tiga cara. Yang pertama adalah metode tradisional, artinya petugas mendatangi rumah satu persatu. Yang kedua adalah metode kombinasi. Metode kombinasi ini bisa dilakukan kalau di dalam negara tersebut sudah ada data registrasi, baik itu dari Dukcapil (Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil), atau dari institusi lain, yang bisa digunakan sebagai dasar untuk melakukan sensus penduduk. Jadi ketika petugas datang  tidak kosong datanya, tapi ada pre-list yang diperoleh dari tempat lain. Tetapi juga masih ada door-to-door untuk daerah-daerah tertentu. Yang ketiga adalah metode registrasi. Di metode registrasi ini kalau pendaftaran penduduknya bagus sekali, jadi tidak perlu lagi dilakukan door-to-door.