MENYIASATI MELIMPAHNYA BAWANG MERAH, PKK DESA SUKOHARJO UBAH BAWANG MERAH JADI KUE


 2020-02-11 |  Root

Banyak sekali kuliner khas Wilangan yang banyak dijumpai , seperti bothok tawon, walang goreng, durian dan lain lain. Tapi belum terbayangkan bagaimana rasanya jika bawang merah dijadikan kue pie.Di tangan handal kader kader PKK desa Sukoharjo bawang merah disulap menjadi kue pie.

Melimpahnya pasokan bawang merah di kabupaten Nganjuk saat musim panen raya membuat harga bawang merah menjadi murah. Hal ini yang membuat prihatin Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat kecamatan Wilangan , Yani Supriyati, S.Sos . Berbekal tekad dan hubungan akrab dengan kader PKK desa Sukoharjo, memulai ide unik ini dengan berkonsultasi dengan keua TP PKK Desa Sukoharjo dan Kepala Desa Sukoharjo, Harsono. Ide nyleneh ini diawali dengan dilaksanakannya bimbingan dan praktek langsung para kader PKK di pendopo desa Sukoharjo dengan dibimbing tim ahli kuliner yang sengaja didatangkan serta tim inovasi desa. Rasa kue pie bawang merah sangatlah unik, perpaduan manis dan gurih. Namun sayangnya kuliner ini hanya bisa dinikmati saat bawang merah sedang berada di harga yang murah. Sebab jika harga bawang merah mahal, petani cenderung lebih suka menjual bawang merah sebagai sayur atau bibit.

Camat Wilangan, Yonny Rachmanto, SH mengatakan '' ide ide seperti inilah yang memah dibutuhkan untuk mendorong kemajuan, terutama di desa desa yang memiliki potensi besar. Kedepan Kecamatan Wilangan akan terus meningkatkan inovasi-inovasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian .