RAIH PENGHARGAAN BIDANG KEUANGAN , BUKTI NYATA KADES WILANGAN JAGA AMANAT WARGANYA


 2020-11-07 |  Root

 Berikan motivasi pengelolaan keuangan desa yang baik, Pemkab Nganjuk adakan malam anugerah tata kelola keuangan desa (Rabu, 4/11). Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk yang berperan sebagai leading sektor pelaksanaan penilaian. Penghargan terdiri dari tiga kategori yaitu, Kategori Pratama, Madya dan Nindya.

Salah satu desa yang mendapatkan penghargaan adalah Desa Wilangan, Kecamatan Wilangan, dengan kategori Madya. Desa Wilangan berhak mendapatkan bantuan anggaran sebesar Rp.100.000.000,00.

Kepala Desa Wilangan , Lina Muntiani saat dihubungi lewat pesan WA mengatakan '' Alhamdulillah, terima kasih, ini berkat kerja keras semua pemangku kepentingan di Desa Wilangan, semoga kedepan lebih baik lagi''.Tuturnya

Sekretaris Desa Wilangan, Angga Zuldi Bintara, S.Pd mengatakan ''tujuan dari pengelolaan keuangan desa yang baik adalah untuk mewujudkan kepercayaan masyarakat, serta menghindari penyalahgunaan anggaran yang dilarang pemerintah.''

Desa Wilangan telah memulai pelaksanaan tata kelola keuangan sejak lama. Mulai dari tahun 2015 dengan diterapkannya aplikasi SILOKDES, lalu dikembangkan dengan aplikasi  SISKEUDES tahun 2018.

Pemakaian anggaran keuangan desa dimulai beberapa tahap. Diantaranya yang pertama adalah perencanaan yang dilaksanakan berdasarkan Musyawarah Desa bersama BPD dan Lembaga Desa,yang kedua Penganggaran dalam APBDES yang dilaksanakan berdasarkan hasil perencanaan di Musdes. Selanjutnya adalah pelaksanaan kegiatan/belanja kegiatan sesuai APBDES dengan diawasi ketat oleh Kepala Desa agar tidak terjadi pelanggaran .Serta pembuatan laporan pertanggungjawaban anggaran disusun sesuai peraturan yang telah ditetapkan.

Disamping tata kelola anggaran , pemungutan PBB juga menjadi perhatian serius Kepala Desa Wilangan. Pelunasan PBB selalu diutamakan agar bisa tepat waktu sebelum jatuh tempo waktu pembayaran.

Dengan adanya penghargaan ini Kepala Desa Wilangan merasa bangga atas apresiasi Pemkab Nganjuk. Semoga kedepan bisa menjadi motivasi Desa Wilangan agar lebih baik lagi serta menjadi role model desa-desa sekitar di  Kecamatan Wilangan.