MALAM ANUGERAH TATA KELOLA KEUANGAN DESA


 2020-11-05 |  Root

Penyelenggaraan Malam Anugerah Tata Kelola keuangan Desa, kali ini dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pandemi Covid-19. Meski begitu kegiatan tetap berjalan secara meriah dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Inspektorat Kabupaten Nganjuk ini menilai 8 indikator meliputi, perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, ketatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, pengelolaan pajak dan Bumi serta pengelolaan APBDes.

Bupati Novi menyampaikan, Kabupaten Nganjuk menjadi satu satunya kabupaten yang memberi penghargaan kepada pengelolaan keuangan desa.

 “Ini bentuk keseriusan pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan di bidang perencanan, penganggaran, pelaksanaan, dan pelaporan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Kegiatan ini adalah bentuk kepercayan akuntabilitas dan profesional, terhadap pengelolan keuangan desa, sehingga bisa menampik isu – isu yang tidak benar, seperti uang dipakai kades maupun perangkat, dan lain sebagainya.

“Menurut hasil pemeriksaan Inspektorat cuma ada 25 desa masuk penilaian pratama ada 6 Desa, untuk madya 18 dan Nindya 1 Dari 264 Desa di 20 Kecamatan se Kabupaten Nganjuk,” paparnya.

Sumber : Dinas Kominfo Kab.Nganjuk