UPACARA HUT KE-75 JATIM, NGANJUK TERIMA PENGHARGAAN LOMBA DESA TANGGUH BENCANA TAHUN 2020


 2020-10-13 |  Root

Dalam Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Provinsi Jatim yang dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi, Senin (12/10/2020), Kabupaten Nganjuk mendapatkan penghargaan sebagai pemenang Lomba Desa Tangguh Bencana. Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Drs. Mokhamad Yasin, M.Si., dalam kesempatan tersebut mewakili Bupati Nganjuk Mas Novi untuk menerima penghargaan langsung dari Gubernur Jatim , bersama 11 Kabupaten/Kota lain yang juga mendapat penghargaan.

Desa yang mewakili Kabupaten Nganjuk dalam lomba yang diadakan BPBD Provinsi Jatim ini adalah Desa Blongko, Kecamatan Ngetos. Kegiatan ini bertujuan untuk langkah perlindungan dini masyarakat terhadap ancaman bencana. Menurut peraturan yang tertuang dalam Peraturan Kepala BNPB No. 1 Tahun 2012 tentang Pedoman Umum Desa/Kelurahan Tangguh Bencana, penilaian dikategorikan dalam kategori Pratama, Madya, dan Utama. Ada empat pemenang di setiap kategori, sedangkan Kab. Nganjuk sendiri berada di Kategori Utama, bersama Kota Kediri, Kab. Pasuruan, dan Kab. Magetan. Penilaian sendiri sudah dilaksanakan sejak 8 September 2020 lalu.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dalam pidatonya sebagai inspektur upacara mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk lebih kuat dalam membangun Jawa Timur. “Di momen penting ini saya ingin mengajak bapak ibu saudara sekalian untuk menguatkan tekad dalam membangun Jatim, hal ini seperti yang disampaikan Ir. Sukarno, ‘Jika kita memiliki keinginan kuat dari dalam hati, maka seluruh alam smesta bahu membahu mewujudkannya’,” terang Gubernur menirukan kata-kata Bung Karno.

Tema HUT ke-75 Provinsi Jatim Tahun 2020 ini adalah “Semangat Nawa Bhakti Satya untuk Jawa Timur Maju”. Selain dilaksanakan di Gedung Grahadi, Surabaya, upacara juga dilakukan serentak di 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Di Kabupaten Nganjuk sendiri upacara dipimpin oleh Wakil Bupati Nganjuk, Kang Marhaen.