MUSDESSUS KEDUA, LANGKAH AWAL PERPANJANGAN BLT DD DESA WILANGAN


 2020-09-30 |  Root

TPPI Kec.Wilangan: Pemerintah Desa Wilangan bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Wilangan pada pagi ini Rabu,30 September 2020 mengelar Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) kedua dalam rangka perpanjangan BLT DD gelombang kedua atau untuk bulan Juli, Agustus, September 2020 kepada warga yang terdampak wabah pandemic covid-19 yang bertempat di Balai Desa Wilangan Kecamatan Wilangan.

Turut hadir dalam kegiatan Musdes Khusus Perubahan ke 2 RKPDes tahun 2020 tersebut antara lain Camat Wilangan yang diwakili oleh Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat, Hartono, Kepala Desa Wilangan yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan Sunariati, S.Sos, Babinkamtibmas Desa Wilangan Aipda Imam Mustain, Polsek Wilangan yang diwakili oleh Iptu Mujianto, Babinsa Desa Wilangan, Pendamping Desa Abdul Aziz, S.Pd.I, Pendamping Lokal Desa Blasiyus, S.Pd.I, Ketua BPD Desa Wilangan beserta Anggota, Perangkat Desa Wilangan, PKK, Satgas Covid 19 Desa Wilangan, Perwakilan Toga, Tomas dan Toda serta Ketua Rt / Rw se Desa Wilangan.

Musyawarah Desa Khusus kedua ini merupakan forum tertinggi ditengah wabah pademi covid-19 dengan menghadirkan semua pihak agar dalam pengambilan keputusan penetapan calon penerima dan calon perubahan BLT–DD dapat disetujui dan diterima semua pihak, agar tidak ada masalah nantinya dikemudiaan hari.

Abdul Aziz, S.Pd.I dalam kesempatan itu mewakili TPPI kecamatan Wilangan menyampaikan bahwa Musyawarah Desa Khusus ini mengacu kepada Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 yang diadakan perubahan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020, Permendes Nomor 07 Tahun 2020, Permenkeu Nomor 40 Tahun 2020, dan Permenkeu Nomor 50 Tahun 2020.

“Pelaksanaan Musyawarah Desa Khusus untuk Desa Wilangan kali ini sesuai dengan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 yang diadakan perubahan menurut Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 yang berkaitan dengan penggunaan Dana Desa dalam rangka mengatasi dampak sosial ekonomi akibat adanya pandemi covid – 19,” jelas Abdul Aziz yang juga alumni STAI Nglawak Kertosono ini.

Disesi lain Sunariati, S.Sos kasi pemerintahan yang saat ini mewakili Kepala Desa  Wilangan dalam kesempatan ini menyampaikan bahwasannya dengan akan digulirkan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) gelombang kedua untuk bulan Juli, Agustus dan September ini sasarannya kepada Keluarga miskin dan orang yang terdampak covid 19. Setelah melalui proses pendataan lapangan yang dilakukan dan fiverifikasi dan divalidasi oleh pemerintah desa  kemudian dibawa ke musdessus ini. Musyawarah Desa (Musdes) Khusus Desa Wilangan dengan hasil validasi dan finalisasi penetapan penerima BLT DD dan Tambahan Penerima BLT DD Tahun 2020. Adapun besaran nominalnya tidak sama dengan BLT-DD sebelumnya dikarenakan anggaran yang tidak mencukupi". Jelasnya.

.Dari hasil Musdes khusus kedua ini, telah dicapai kesepakatan dan selanjutnya menetapkan jumlah penerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) Desa Wilangan lanjutan atau gelombang ke dua sebanyak 10 pemanfaat dan masing masing penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 300.000,-  selama tiga bulan yaitu Juli, Agustus dan September 2020.

Semoga dengan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah tersebut bisa dipergunakan dengan sebaik mungkin dan tepat sasaran sesuai amanah konstitusi. Selain itu pula kepada penerima bantuan ini untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah untuk menuju tatanan kehidupan baru atau adaptasi kebiasaan baru ditengah pandemi Covid 19 agar warga lebih bisa berproduktif lagi dan terhindar dari penularan Covid 19. (Blasiyus, S.Pd.I/PLD)