PENGIBARAN BENDERA SETENGAH TIANG ,MENGENANG G30S/PKI


 2020-09-30 |  Root

Pemerintah Kabupaten Nganjuk menginstruksikan pengibaran bendera setengah tiang pada Rabu tanggal 30 September 2020 , serta bendera satu tiang penuh pada 1 Oktober 2020 dalam rangka kilas balik peristiwa bersejarah G30S PKI dan Hari Kesaktian Pancasila.

 Hal ini tertuang dalam surat Sekretariat Daerah tanggal 29 September 2020, nomor : 005/786/411.033/2020 perihal Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020. 

Pemkab menginstruksikan pengibaran bendera ini ditujukan seluruh instansi pemerintahan, perkantoran, BUMN/BUMD, Kecamatan, Desa/Kelurahan dan warga masyarakat Kabupaten Nganjuk . Salah satunya adalah OPD Kecamatan Wilangan.

 Camat Wilangan mengatakan " Pemasangan bendera setengah tiang ini untuk mengenang tewasnya enam jenderal dan seorang perwira pertama yang dilakukan oleh PKI, dalam peristiwa berdarah yang dikenal sebagai G30S/PKI. "ujar Yonny Rachmanto

 Ia menyebutkan pengibaran bendera setengah tiang ini bertujuan agar generasi muda tidak melupakan kejadian sejarah kelam bangsa Indonesia sehingga peristiwa tersebut tidak terulang kembali. Kepala Desa se Kecamatan Wilangan sudah diinstruksikan untuk melaksanakan perintah ini.

 “Pancasila sebagai dasar Negara, dan Pancasila sebagai ideologi bangsa itu sudah final dan menjadi tujuan hidup berbangsa dan bernegara dan sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia," ujar Yonny''. Tutupnya