MBAK YUNI SOPHIA TINJAU LOMBA PTP, HIMBAU JANGAN SEBATAS LOMBA NAMUN JADIKAN BUDAYA


 2020-08-28 |  Root

Di hari terakhir penjurian enam besar desa peserta lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP), Ketua TP PKK Mbak Yuni Sophia kembali mendampingi juri melakukan penilaian. Dua desa yang dinilai pada Kamis, 27 Agustus 2020 ini adalah Desa Petak, Kec. Bagor, dan Desa Kedungglugu, Kec. Gondang. Enam besar desa yang menjadi peserta lomba ini memperebutkan juara 1,2,3 hingga harapan 1,2,3. Mbak Yuni Sophia mengatakan bahwa PTP jangan sebatas lomba, namun dijadikan budaya, karena manfaatnya bisa untuk pemenuhan gizi keluarga.

Seperti yang dilakukan pada empat desa sebelumnya, yakni Desa Sumberwindu, Kec. Berbek; Desa Bajulan, Kec. Loceret; Desa Kedungombo, Kec. Tanjunganom; dan Desa Cengkok, Kec. Bagor, Mbak Yuni Sophia dan para juri berkeliling ke rumah-rumah warga, melihat apa saja yang ada di tanah pekarangan mereka. Di Desa Petak, Bagor, Mbak Yuni melihat café desa dan sempat menyanyikan satu buah lagu diiringi para pemuda karangtaruna desa. Sedangkan di Desa Kedungglugu Mbak Yuni mengelilingi jalanan RW dengan naik becak hias yang disediakan warga.  Di sepanjang jalan RT 1,2, dan 3 / RW 4 Mbak Yuni mampir ke rumah-rumah warga untuk melihat tanaman sayuran, buah, dan toga. Serta memanen lele, melihat ayam, hingga menikmati produk-produk unggulan desa.

Setelah juri menilai keenam desa tersebut, juri bersama Ketua TP PKK akan berdiskusi siapa yang menjadi pemenangnya dan mewakili Kabupaten Nganjuk ke lomba PTP Tingkat Provinsi. “Jadi setelah seleksi melalui video, terpilihlah enam desa terbaik dan nantinya akan kita pilih juara-juaranya, juara satu akan mendapat uang pembinaan dan akan mewakili Kabupaten Nganjuk ke Lomba PTP Tingkat Provinsi,” terang Mbak Yuni Sophia.

Namun meski penilaian lomba telah usai, Mbak Yuni berharap pemanfaatan tanah pekarangan ini tak hanya untuk perlombaan, namun tetap dilanjutkan dan menjadi kebiasaan. “Terus lakukan inovasi, karena tujuan dari pemanfaatan tanah pekarangan ini untuk pemenuhan gizi masyarakat kita,” seru Mbak Yuni.

Sumber : Bagian Humas Pemkab Nganjuk