PERSIAPAN SENSUS PENDUDUK TAHUN 2020 DENGAN METODE DOOR TO DOOR


 2020-08-24 |  Root

Persiapankan sensus penduduk tahun 2020, Kecamatan Wilangan instruksikan Ketua RT dan RW di desa ikut berperan aktif. Setelah sebelumnya telah dilaksanakan sensus penduduk online yang berakhir pada bulan Mei 2020. Pada bulan September ini akan dilaksanakan sensus penduduk wawancara secara langsung dari rumah ke rumah.

Melalui surat nomor 140/277/411.520/2020 tentang dukungan pelaksanaan sensus penduduk 2020. Camat Wilangan, Yonny Rachmanto menginstruksikan seluruh kepala desa se kecamatan Wilangan untuk menyertakan Ketua RT dan RW di desa nya dalam sensus penduduk 2020. Ketua RW dan RT agar membantu petugas sensus  memeriksa daftar penduduk  di wilayah RT/RW masing-masing, membantu petugas sensus melakukan verifikasi lapangan keberadaan penduduk di wilayah RT/RW masing-masing. Selain itu kepala desa juga harus memastikan petugas sensus mendata seluruh warga masyarakat baik yang sudah maupun belum punya NIK.

Sensus penduduk wawancara ini akan dilakukan secara door to door di tiap rumah warga. Para petugas akan dilengkapi alat pelindung diri (APD) selama melakukan pendataan. Pasalnya kondisi masih pandemi COVID-19, sehingga pedoman protokol kesehatan secara ketat dilakukan.

"Masyarakat gak perlu takut,  semua petugas akan kita rapid test juga sebelum ke lapangan. Yang penting petugas dilengkapi  APD, seperti masker, face shield, hingga handsanitezer," paparnya.Yonny mengharapkan warga masyarakat Kecamatan Wilangan mau ikut berpastisipasi dalam sensus penduduk tahun 2020 tanpa ada yang tertinggal.