EFEKTIFITAS PELAYANAN POSYANDU DI MASA PANDEMI


 2020-08-10 |  Root

Efektifkan pelayanan kesehatan di masa pandemi, Kecamatan Wilangan mulai laksanakan kegiatan posyandu . Pelayanan Posyandu hanya dilaksanakan di desa yang sudah menjadi zona hijau. Beberapa Desa di Kecamatan Wilangan tersebut yaitu, Sudimoroharjo, Ngudikan dan Mancon.

Posyandu balita  di era adaptasi kebiasaan baru telah  dilaksanakan di desa Mancon. Karena desa Mancon termasuk zona hijau di kecamatan Wilangan . Kegiatan Posyandu dipimpin oleh Bidan desa Mancon, Sri Widayati dan para kader desa Mancon.  Pada tanggal 5 Agustus 2020 di Dusun Dawuhan serta tanggal 8 Agustus 2020 di Dusun Awar-awar.

Kegiatan posyandu ini dilaksanakan sesuai protokol kesehatan seperti semua yg hadir wajib memakai masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, pengukuran suhu, menjaga jarak dengan pengunjung lain, pemberian vitamin A dan pemberian makanan tambahan.

Posyandu kembali diberlakukan setelah sebelumnya diadakan rapat koordinasi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Wilangan pada tanggal 27 Juli 2020 di Pendopo Kecamatan Wilangan. Kepala Puskesmas Wilangan, dokter Cordila Elmadhani mengatakan '' Kami prioritaskan pelayanan posyandu untuk zona hijau saja, karena kami tak berani ambil resiko'' Tuturnya saat rakor Lokakarya Mini. Jangan sampai karena ada Covid-19 ini, kita lalai dalam pemberian pelayanan kesehatan lainnya. Tambahnya

 Dengan diadakannya kembali pelayanan Posyandu, diharapkan bisa meningkatkan kualitas kesehatan balita di masa pandemi ini, khususnya di Wilayah Kecamatan Wilangan.