RAKOR MEMANTAPKAN PERAN GUGUS TUGAS KECAMATAN DALAM PENERAPAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU


 2020-07-21 |  Root

 Mantapkan langkah Pemerintah Daerah berlakukan Adaptasi Kebiasaan Baru, FORPIMCAM Wilangan adakan koordinasi dan sosialisasi dengan Pemerintah Desa. Senin , 20 Juli 2020, Camat Wilangan mengundang pemerintahan desa yang diwakili Kepala Desa dan beberapa perangkat desa. Rapat koordinasi dalam rangka menyambut peraturan bupati Nganjuk tentang pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru.

Hadir dalam acara Kapolsek Wilangan AKP.Lilik Suharyono, SH , Danramil 0810/17 Wilangan Kapten inf Hardi Prayitno, Sekcam Wilangan Rinanto Handoyo, serta Kepala Desa se Kecamatan Wilangan , ,perwakilan perangkat desa , BABINSA dan BABINKAMTIBMAS.

Narasumber dalam rapat koordinasi dan sosialisasi tersebut adalah Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Nganjuk, Samsul Huda. Dalam kesempatan itu Asisten menyampaikan pentingnya koordinasi dalam penerapan protokol kesehatan di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Peran gugus tugas di desa dan Kecamatan sangatlah penting. Dalam pelaksanaan berbagai kegiatan di masyarakat, berpedoman pada peraturan pemerintah daerah kabupatenn Nganjuk yang tertuang pada Peraturan Bupati dan Surat Edaran sebanyak 21 yang telah di unggah di situs website jdih.nganjukkab.go.id .

Kepala Desa sebagai penanggungjawab wilayah desa harus mampu mengatur  wilayahnya yang bisa menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru dan yang belum diperbolehkan. Asisten mengatakan '' Desa yang zona merah tidak diperbolehkan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang beresiko, seperti hajatan, hiburan . dimana Penentuan zona di desa melalui perhitungan jumlah kasus positif Covid-19 di wilayah desa tersebut ,yang rumusnya telah ditentukan oleh gugus tugas kecamatan atau kabupaten ''Jelas Samsul Huda.

Camat Wilangan , Yonny Rachmanto mengatakan '' Walaupun AKB mulai diperlakukan, tapi tetap berpedoman pada protokol yang dibuat pemda, intinya masyarakat tetap produktif tapi keselamatan juga diutamakan, jangan sampai terlalu euforia dan melupakan bahaya Covid-19'' Ungkapnya.

Diharapkan dengan diberlakukannya Adaptasi Kebiasaan Baru di Kabupaten Nganjuk, akan meningkatkan produktifitas masyarakat. Perekonomian akan berkembang seperti sebelumnya, namun warga tetap dalam keadaan sehat, aman terkendali.