PERAN PEREMPUAN DALAM PEMANFAATAN TANAH PEKARANGAN


 2020-07-16 |  Root

Tingkatkan peran perempuan di masa pandemi,  Ketua TP PKK Kecamatan  Wilangan lakukan kunjungan ke lokasi lomba PTP, Di Dusun Wilangan, Desa Wilangan, RT 02, RW 01, Kamis (16/07/2020). Adanya Pandemi Covid-19 yang melarang warga berkerumun, maka lomba PTP tingkat Kabupaten Nganjuk Tahun ini dilaksanakan dengan mengirim video kreasi yang nantinya diseleksi sebagai pemenang lomba.

Ketua TP PKK Kecamatan Wilangan Hj.Hastutik Widowati hadir didampingi oleh Pengurus TP PKK Kecamatan Wilangan, dan tim penggerak PKK Desa Wilangan. Walaupun lomba kali ini hanya mengirim video, tapi perlombaan tetap digelar dengan semarak dan semangat. Pemasangan umbul-umbul, pengecatan dan penghiasan pagar dan pekarangan, yel-yel kader PKK, dan kreatifitas lainnya. Tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku

Tutik sapaan akrab Ketua TP PKK Kecamatan Wilangan mengatakan'' Saya hadir khusus untuk memberikan semangat ibu-ibu di desa Wilangan ini, ayo manfaatkan tanah pekarangan, apalagi lagi musim wabah ya kan, apa-apa jadi mahal'' Tutur Tutik , yang merupakan mantan anggota dewan kabupaten Nganjuk tersebut. Dengan memanfaatkan pekarangan , dapat menghemat pengeluaran kebutuhan sehari-hari bahkan bisa menambah penghasilan.

 Salah satu Kader Desa Wilangan, Kateni , mengharapkan semua kader ikut berperan aktif dalam program PTP. Tidak hanya di RT 2, tetapi seluruh desa Wilangan bersama warga desa lainnya.

Pemanfaatan tanah pekarangan selain dengan penanaman sayur-sayuran, buah dan TOGA, juga bisa dengan kegiatan lainnya seperti pemanfaatan limbah ternak, Bank sampah, serta inovasi lainnya. Dengan diadakannya lomba PTP nantinya diharapkan dapat menggerakkan warga masyarakat khususnya Desa Wilangan untuk sadar terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan memanfaatkan tanah pekarangan.