MINIMALISIR PENULARAN COVID-19, PUSKESMAS WILANGAN LAKUKAN TRACING


 2020-07-14 |  Root

Dalam upaya memutus rantai penularan Covid-19, Pemkab Nganjuk melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Wilangan gencar menyelenggarakan rapid test. Langkah ini dinilai tepat untuk memutus mata rantai virus menular tersebut. Upaya itu mendapat sambutan hangat masyarakat Wilangan . Terlihat, kesadaran warga sangat tinggi untuk mengikuti rapid test di Puskesmas Wilangan.

Puskesmas Wilangan telah melakukan 4 kali tracing rapid tes massal untuk beberapa kluster. Seperti kasus awal kluster pasar Bandungan, Saradan, Madiun ,Kluster desa Wilangan,  lalu kluster plosorejo Sukoharjo dan kluster  Dukuhan Ngadipiro.

“Antusiasme masyarakat  Wilangan patut diacungi jempol. Mereka sudah mematuhi protokol kesehatan Covid-19 seperti jaga jarak, serta selalu mengenakan masker,” ungkap Camat Wilangan Yonny Rachmanto saat meninjau pelaksanaan rapid test massal tersebut. Walaupun sebelumnya sempat terjadi penolakan warga untuk di test rapid, namun akhirnya masyarakat menyadari pentingnya kepatuhan terhadap peraturan pemerintah demi keselamatan bersama. Semua itu berkat peran pemerintah desa , melalui perangkat desa masing-masing yang melakukan pendekatan persuasif pada warganya.

Kepala Puskesmas Wilangan , dokter Cordila Elmadhani mengharapkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan . Selalu jaga jarak, pakai masker, cucitangan sesering mungkin, dan jangan berpergian jika tidak mendesak, terutama keluar kota yang menjadi epicentrum penularan Covid-19.