NEW NORMAL BELUM DIBERLAKUKAN, MASYARAKAT DIMINTA TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN


 2020-07-07 |  Root

Jumlah PDP dan Pasien Positif Covid-19 terus bertambah, Camat Wilangan adakan rakor Percepatan Penanganan Covid-19. Bertempat di Pendopo Kecamatan Wilangan. Dipimpin Camat Wilangan, beserta FORPIMCAM Wilangan. Rapat Koordinasi dihadiri Kepala Desa Se-Kecamatan Wilangan (06/07/2020).

New Normal sebelumnya sudah direncanakan Bupati Nganjuk, Mas Novi , agar kehidupan di Kabupaten Nganjuk kembali berjalan seperti semula. Berbagai sektor telah diperssiapkan , seperti sektor pariwisata, sektor perekonomian , pendidikan dan sektor lainnya. Namun langkah tersebut sepertinya tidak akan berjalan sesuai jadwal. Karena kasus positif Covid-19 yang terus meningkat di Kabupaten Nganjuk.

Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan beberapa bulan ini telah meluluhlatahkan sektor-sektor tersebut. Misalnya sektor pariwisata, ketika pandemi Covid-19 melanda, maka mau tidak mau semua aktivitas pariwisata menjadi lumpuh.  Tempat wisata ditutup, pedagang tak bisa berjualan, pengrajin seni tidak bisa menjajakan hasil UMKM nya. Dan imbas negatif lainnya. Untuk itu tatanan baru yang lebih dikenal sebagai New Normal tepat jika dilaksanakn. Tentunya dengan memakai pertimbangan keadaan daerah tersebut. Jika memang sudah memasuki zona hijau , maka diperbolehkan. Tetapi jika masih menjadi zona merah yang mengkhawatirkan , maka pemerintah daerah tidak boleh memaksakan menerapkan New Normal.

Camat Wilangan menekankan agar para kades untuk memberikan arahan dan pengertian pada warga nya untuk tetap mematuhi peraturan pemerintah, khususnya protokol kesehatan . Misalnya larangan untuk berkerumun , menjaga jarak, serta selalu memakai masker saat diluar rumah. Bagi warga pendatang untuk melapor kepada perangkat desa terdekat. Karena selama ini kluster penularan Covid-19 berasal dari luar kota. Semua itu bertujuan untuk menekan dan memutus penyebaran Covid-19, sehingga New Normal bisa dilaksanakan dengan lancar.