PENERIMA BLT SEBAGIAN BESAR LANSIA , PEMDES NGUDIKAN SALURKAN DOOR TO DOOR


 2020-06-22 |  Root

Hindari kerumunan warga , Pemdes Ngudikan inisiatif bagikan BLT DD door to door .Sabtu 20 Juni 2020 ,Pemdes Ngudikan melaksanakan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap II Tahun 2020. Penyaluran BLT dikoordinir oleh Kepala Desa Ngudikan ,Imam Nawawi beserta perangkat desa ,Staf Seksi PMD Kecamatan Wilangan Suprapto ,BABINSA , BABINKAMTIBMAS serta Pendamping Desa .

Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menerbitkan Permendesa Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Permendesa Nomor 11 Tahun 2020 yang mengatur tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2020. Dalam Perpu Nomor 1 Tahun 2020 ditegaskan, pengutamaan penggunaan dana desa adalah dapat digunakan antara lain untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada penduduk miskin di desa dan kegiatan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (covid-19).

Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Wilangan, Hartono mengungkapkan, warga yang tidak boleh menerima BLT adalah warga yang sudah mendapatkan bantuan dari APBD atau APBN. Misalnya, penerima PKH, BPNT dan lainnya.“BLT itu sasarannya adalah orang miskin, orang sakit kronis bertahun-tahun, dan orang kehilangan pekerjaan karena pandemi covid-19,” ungkapnya.

Pembagian BLT Dana Desa Ngudikan dari tahap 1 hingga 2 dilaksanakan dengan cara door to door . Hal ini dikarenakan penerima BLT yang berjumlah 30 KK hampir semuanya adalah lansia yang sudah berusia lanjut serta warga yang menderita sakit. Sehingga sangat rentan tertular Covid-19 serta sulit untuk berjalan menuju Balai Desa Ngudikan. Pemdes Ngudikan berharap bantuan ini bisa meringakan beban warga serta warga lain yang masih kuat bekerja dan kategori mampu tidak iri karena tidak menerima bantuan.