SISIR RESIKO PENULARAN DARI KLUSTER PASAR BANDUNGAN, KEPALA PUSKESMAS WILANGAN BERSAMA FORPIMCAM ADA


 2020-06-10 |  Root

Percepat penanganan Covid-19, Camat Wilangan perintahkan kades Ngudikan dan Mancon mendukung rapid test di Puskesmas Wilangan. Rapid test tersebut diperuntukkan bagi warga desa Ngudikan dan Mancon yang berdagang di Pasar Bandungan , Kecamatan Saradan , Kabupaten Madiun yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) dan keluarganya yang berstatus Orang Dalam Resiko (ODR) dari hasil rapid test pertama. Rapid test dilaksanakan gratis bagi warga kategori tersebut.

Beberapa waktu lalu salah satu pedagang di pasar Bandungan telah terkonfirmasi positif Covid-19. Penanganannya berada di wilayah Gugus Tugas Kabupaten Madiun. Pasar Bandungan terletak di desa Bandungan, Kecamatan Saradan adalah pasar desa yang letaknya berdekatan dengan desa Ngudikan dan Mancon , kecamatan Wilangan. Banyak warga dari desa tersebut yang beraktifitas di pasar tersebut, entah berjualan dan berbelanja. Maka resiko tertular Covid-19 sangat mungkin terjadi.

Untuk itu Kepala Puskesmas Wilangan berkoordinasi dengan Camat Wilangan serta FORPIMCAM Wilangan berkomitmen melaksanakan rapid test pada hari ini , Rabu 10 Juni 2020 bertempat di Puskesmas Wilangan. Rapid test kali ini adalah yang kedua kalinya, setelah minggu lalu juga dilaksanakan kegiatan serupa. Namun jumlah peserta yang hadir pada minggu lalu sangat sedikit. Menurut kepala Puskesmas Wilangan, dr.Cordila Elmadhani, warga masyarakat ketakutan untuk mengikuti rapid test tersebut. Cordilla berharap rapid test hari ini semua warga yang dikategorikan dalam resiko bisa datang, agar permasalahan ini segera selesai dan warga tidak was-was lagi.