JAMU SAMAWA ,FORUM KOMUNIKASI DITENGAH PANDEMI


 2020-06-08 |  Root

Banyaknya jenis bantuan sosial untuk warga terdampak Covid-19, membuat masyarakat bingung dan gampang percaya hoaks. Pemerintah baik pusat maupun daerah saat ini tengah memberikan perhatian yang tinggi terhadap warganya yang terdampak pandemi Covid-19.  Bantuan sosial berupa uang tunai dan sembako.

Bantuan yang turun dikhawatirkan membuat kegaduhan ditengah masyarakat, khususnya bagi yang tak menerima bantuan ataupun dari peluang terjadinya bantuan salah sasaran. Masyarakat yang kurang mendapatkan informasi  dan edukasi tentang jenis dan proses penyaluran bantuan pada akhirnya akan mulai''nyinyir'' di media sosial, dan semakin membuat situasi tidak kondusif. Untuk itu Pemkab Nganjuk melalui Dinas Komunikasi dan Informatika dan Sekretariat Daerah membuat sebuah terobosan baru dengan nama JAMU SAMAWA ,Jaringan Temu, Salurkan dan Tuntaskan Masalah Warga.

Diawali rapat koordinasi pada tanggal 27 Mei 2020 di ruang rapat Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk. Camat Wilangan, Yonny Rachmanto juga menghadiri rapat tersebut beserta Camat se-Kabupaten Nganjuk.Dalam pertemuan itu para kepala OPD bertukar pikiran dalam upaya mengatasi gejolak di masyarakat tentang bantuan sosial. Kecamatan Wilangan yang memiliki 6 Desa telah membentuk sebuah forum, dimana setiap desa telah diwakili 1 orang sebagai penampung aspirasi , kritik dan saran dari warganya. Dimana 1 orang tersebut ada yang dari unsur perangkat desa, atau lembaga desa . Jika terjadi komplain dari masyarakat, admin tersebut bertugas menyampaikan ke Pemerintah Desa untuk ditindaklanjuti. Dengan adanya Jamu Samawa, diharapkan situasi di wilayah kecamatan Wilangan , khususnya di desa-desa tetap aman dan kondusif.